Inking Dan Tracing : Alat-Alat Yang Dibutuhkan

by - 10/20/2009 03:34:00 AM

Untuk mendapatkan hasil inking (meninta) dan Tracing (menjiplak) yang sempurna tergantung pada bahan-bahan yang dipakai, terutama dari jenis kertas, pena dan tinta. Meskipun begitu, terdapat beberapa trik yang bias diterapkan memakai alat-alat yang mudah didapat dengan sedikit usaha ekstra.

Kertas



Persyaratan yang paling utama bagi jenis kertas untuk proses inking dan tracing : tidak menyerap tinta dan juga permukaanya harus licin, rata dan tidak gradakan (tidak Berbulu).
1. Kertas HVS ukuran A4 / folio yang bias untuk dipakai photocopy, dengan ketebalan mencapai 70 sampai 85 gr.
2. Kertas tebal dari buku gambar ukuran A4 sampai A3 (tergantung dari ukuran komik kalian).
3. Kertas Kalkir 80 / 85 gr biasanya dipakai oleh para arsitek. Bila kalian memekai kertas kalkir, hati-hati dalam memilih permukaan kertas, dikarenakan kertas kalkir memiliki 2 jenis permukaan. Pilihlah permukaan yang halus untuk tempat kalian meninta. Dan juga permukaan kalkir yang agak gelap tidak begitu baik untuk discan pada beberapa jenis scanner.
4. Kertas Bristol khusus untuk inking. Biasanya tersedia di took-toko yang menjuan alat-alat lukis kalian atau kalian bisa memesan keluar negeri. Waw harganya selangit.




Dalam memilih pena dan tinta pilihlah jenis yang paling enak atau cocok untuk gaya gambar kalian.



1. Spidol Hitam bisa didapat dimana-mana dengan harga yang amat begitu murah. Kekurangan dari spidol adalah ujungnya mudah tumpul bila dipakai teru menerus. Maka, ada baiknya untuk membeli alat ini dalam jumlah yang cukup banyak (antara 3 samopai 5 buah). Hanya untuk garis luar atau jenis ilustrasi berukuran besar.

2. Pena celup / Pen kodok. Salah satu alat yang bisa didapat dimana-mana. Cocok untuk menarik garis-garis tebal / tipis. Mereka yang memilih alat ini harus mempunyai kesabaran yang tiggi, karena harus berulah kali mencelupkan mata pena kedalam botol tinta ketika tintanya habis.

3. Drawing Pen (Boxy) merupakan jenis pena yang cukup popular, dengan ketebalan mata pena yang berkisar antara 0.1 sampai 0,5. pilihlah jenis drawing pen yang tintanya tidak blobor.

4. Technical Pen (Rafido) merupakan salah satu yang juga sering dipakai oleh para arsitek, cocok dipakai oleh mereka yang memilih kertas kalkir. Kelemahannya adalah pena macam ini agak kaku dan kurang baik dipakai untuk menaris garis-garis tebal / tipis. Hanya bagi yang mereka rapih dan telaten.

5. Pena Gambar bisa didapat dari took-toko yang khusus menjual alat lukis. Tersedia berbagai jenis mata pena untuk berbagai macam ketebalan garis. Harganya bisa mencapai sekitar seratus ribu lebih.


Tinta India : Untuk pena celup / kaligrafi sebaiknya tinta yang cukup pekat dan tahan air (Waterproof).

Sekilas Pengetahuan Lainnya :



Selain bahan-bahan di atas saya menyarankan untuk menggambarnya kalian agar bisa mempunyai sebuah meja Tracing dan juga kuas dengan berbagai macam ketebalan untuk menghitamkan daerah-daerah tertenru pada gambar kalian.

You May Also Like

0 komentar