Manga di Indonesia

by - 3/31/2009 04:59:00 AM




Saat Ini kita melihat potensi besar manga sebagai salah satu media kreatif untuk mempromosikan kebudayaan Indonesia, apalagi sekarang mulai muncul beragam manga lokal dari segala penjuru negeri. Menurutnya, melalui komik, secara langsung maupun tak langsung, pembaca bisa mempelajari kebudayaan yang ditampilkan dalam komik itu sendiri.

Medium penyampaian komiknya pun bisa bervariasi. Selain lewat buku atau majalah, versi digital yang ditampilkan dalam ponsel juga bisa menarik perhatian penikmatnya. Meski saat ini manga impor masih memimpin pasar komik dalam negeri, masih ada sisi positif yang bisa dilihat. Ketertarikan terhadap komik impor cenderung mendorong orang untuk mau belajar membuat komik sendiri.

Di sekolah komik mereka, misalnya, saya melihat kecenderungan perempuan lebih menyukai serial bergenre fantasi, drama, atau percintaan. Istilahnya komik serial cantik. Sementara pria, cenderung menyukai genre komik fantasi yang mengandung unsur aksi atau komedi. Jenis komik yang mereka sukai bisa dilihat dari hasil komik yang mereka ciptakan.

Untuk mengembangkan komik lokal, pun mereka aktif dalam berbagai kegiatan workshop, training, pameran, dan diskusi bersama jaringan dan komunitas komik lokal.

Saya Berharap, menyukai komic Indonesia yang akan menghasilkan komik berkualitas, tidak peduli apapun itu aliran dan sebutannya apakah komik, manga, maqita, atau cergam. "Semoga industri komik di Indonesia juga bisa terus aktif, bangkit, dan bisa makin luas diterima masyarakat, tidak dianggap semata sebagai hiburan,” tuturnya.

You May Also Like

0 komentar