ADVANCE PLOTTING Bagian-2

by - 11/14/2010 07:40:00 AM

SEBAB – AKIBAT

Kisah yang kita buat haruslah mengalir secara logis. Kejadian-kejadian yang terjadi dalam cerita haruslah merupakan akibat dari kejadian-kejadian yang telah berlangsung pada masa waktu sebelumnya.



Contoh 1 : Yuufa mengetahui identitas asli Karina setelah tanpa sengaja ia melihat proses perubahan wujud Karina menjadi seorang pahlawan super pertempur. Sehingga sewaktu berhadapan dengannya di sekolahan, ia bisa menuduhnya sebagai “Pertempur Karina”.

Lawan dari hukum sebab akibat adalah “Tidak berhubungan”, dimana segala hal terjadi secara tiba-tiba tanpa suatu alas an yang jelas.




Contoh 2 : Yuufa, (dalam penyamarannya sebagai seorang guru) tiba-tiba menuduh karina sebagai seorang pertempur, walaupun ia tidak pernah melihatnya berubah bentuk.

Hukum tidak berhubungan bias juga diterjemahkan sebagai hukum “kebetulan”. Sayangnya, semua akibat yang berasal dari sebab yang bersifat kebetulan selalu terasa dipaksakan, dan tidak enak untuk dinikmati. Usahakan untuk kejadian-kejadian yang dihubungkan oleh alas an-alasan yang jelas.

Kalaupun kalian memutuskan untuk menggunakan hukum “tidak berhubungan / kebetulan” gunakanlah untuk menambah kemelut yang terjadi dalam kisah kalian.

You May Also Like

0 komentar