Cara Membuat Kisah Bagian-3

by - 11/14/2010 07:31:00 AM

C. Menentukan Plot


Plot atau alur cerita merupakan bagian yang membuat kisah menjadi menarik. Meski terdapat banyak cara kita menyusun alur cerita, disini kita hanya untuk menyinggung susunan yang paling dasar tetap begitu Efektif, yaitu : susunan tiga babak. Susunan ini terbagi kedalam tiga bagian waktu : permulaan, pertengahan dan akhir.

1. Babak Permulaan
Adalah sebuah bagian yang relative mudah. Pada babak ini kita mengenalkan tokoh utama dan masalah utama dalam kisah kita.

2. Babak Pertengahan
Adalah saat dimana segalanya menjadi lebih rumit. Sang tokoh utama menginginkan sesuatu (barang atau keadaan), tetapi ia tidak selalu bias mendapatkannya dengan segera atau denag cepat – sesuatu / seseorang menghalangi-halangi usahanya tersebut. Selama babak pertengahan terus berkembang dikit-demi sedikit, halangan-halangan tersebut semakin begitu berat dan semaki berat dan penuh dengan tantangan yang lebih berbahaya; sampai akhirnya kita tiba dalam klimaks (puncak ketegangan) dari kisah kita.

3. Babak Akhir
Adalah saatnya bagi klimaks dan penyelesaian. Apakah keinginan sang tokoh utama tercapai? Apakah konsekwensi (Akibat)nya?
Susunan Tiga Babak ini juga bias disebut dengan kisah istilah Masalah, Perumitan dan Penyelesaian. Bila kalian merencanakan untuk membuat kisah bersambung, ada baiknya untuk menusun garis besar plot secara keseluruhan sebelum mulai menyusun plot per-episode.

You May Also Like

0 komentar