Japanese Traditional Toys OMOCHA

by - 11/15/2010 02:15:00 AM

Sejak dahulu kala mainan sudah diciptakan sebagai sarana hiburan. Anak-anak zaman sekarang mungkin lebih mengenal mainan dengan teknologi modern. Mulai dari playstation, PSP, XboX, dan lain-lain. Mereka mungkin nyaris tidak memainkan atau tidak tahu seperti apa mainan tradisional yang dulu dimainkan orang tuanya, karena sudah tidak diproduksi lagi bahkan dilupakan.

Walau zaman dahulu teknologi belum begitu berkembang dengan pesat dan canggih seperti sekarang, orang-orang sudah menciptakan berbagai jenis mainan kerajinan tangan, mulai dari mobil-mobillan, boneka, kartu bergambar, robot-robotan dan masih banyak yang lainnya. Hamper disetiap warga Negara punya mainan tradisional khasnya masing-masing. Misalnya di Indonesia, kita mengenal mainan tradisional seperti mainan Congklak, Gasing, Yoyo, Layang-layang, dan sebagainya.

Dijepang, sebagai Negara yang Memproduksi game-game canggih, merka masih melestarikan mainan (OMOCHA) tradisionalnya higga saat ini. Hebat ya, berikut beberapa contoh dari sekian banyaknya omocha di Jepang.


1. KOMA



Koma adalah permainan gasing. Mainan asal China yang masuk ke jepang sekitar 1000 tahun yang lalu ini sangat popular pada zaman edo. Ada 2 jenis koma yaitu koma biasa dan koma yang diputar menggunakan benang. Untuk memainnkan koma diputar dalam batas garis lingkaran. Koma yang keluar batas garis yang sudah ditentukan maka dinyatakan kalah. Sekarang ini banyak dikembangkan koma yang bisa berputar sangat cepat hingga mengeluarkan bunyi.


2. MENKO



Menko adalah permaian yang ditemukan sejak tahun 1700-an, berupa kartu yang bergambar yang berbentuk persegi panjang atau lingkaran. Menko dimainkan minimal 2 orang dengan cara melemparkan kartu ke tanah. Kartu yang terbalik akan kalah. Cara untuk membalikkan kartu lawan adalah dengan cara berusaha melempar kartu keatas kartu lawan. Permainan ini lebih banyak dimainkan oleh anak laki-laki.


3. TAKOAGE



Di jepang layang-layang disebut dengan tako, dan bermain layang-layang dikenal dengan nama Takoage. Tako masuk ke jepang pada zaman Heian dan berkembang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Tako umumnya banyak dijumpai bergambar dekorasi dan pola tradisional. Hingga sekarang perang takoage masih sering digelarkan, salah satunya lewat festival layang-layang di Hamamatsu Matsuri.


4. KENDAMA



Merupakan salah satu mainan tradisional yang terkuat dari kayu. Mainan ini yang bersal dari Prefektur Hiroshima ini berbentuk seperti angka sepuluh dalam huruf kanji, dilengkapi dengan bola berlubang yang diikatkan dengan benang. Pada bagian ujung sisi kiri dan kanan kendama yang runcing, setelah itu bola dilempar dan dipantulkan bergantian tepat pada sisi kiri dan kanan kendama. Mainan ini sangat terkenal sampai-sampai ada organisasi kendama untuk mempelajari berbagai teknik bermain kendama.


5. AYATORI



Ayatori adalah permainan menjalin karet atau tali. Permainan yang lebih banyak dimainkan dengan cara mengikatkan karet pada pergelangan tangan atau jari-jari kedua tangan, lalu dijalin membuat berbagai macam bentuk. Dalam manga Doraemon, Nobita suka sekali dan pandai bermain ayatori saat ia merasa bosan.

You May Also Like

0 komentar