Kesalahan Yang Bisa Terjadi

by - 11/14/2010 08:08:00 AM

Terkadang entah dikarenakan oleh ruang gambar yang terbatas,atau karena pose yang kita gambar merupakan pose yang menarik dan terbaik untuk meninjolkan aktivitas dan waktu ( beserta berbagai macam hal lainnya); kita menaruh posisi elemen-elemen panel (ilustrasi, teks) tidak sesuai dengan urutan kejadiannya.

Pada ilustrasi hal tersebut tidak menjadi masalah, tetapi usahakan untuk selalu menaruh balon kata sesuai dengan urutan, agar para pembaca tidak menjadi bingung dan juga agar aktivitas / waktu yang terjadi dalam panel terasa berjalan dengan semestinya.

Jika kalian dibingungkan dean posisi ilustrasi lainnya agar bisa menempatkan baln kata sesuai dengan rumus “kiri-kanan / atas-bawah”; cobalah untuk mengubah sudut pandang kamera agar posisi para tokoh merasa pas dengan urutan aktivitas yang tengah mereka lakukan (siapa yang tengah berbicara / melakukan sesuatu terlebih dulu, siapa yang berikutnya bicara / melakukan sesuatu).

Atau mungkin kalian bisa mengubah ukuran panjang danlebar panel secara keseluruhan agar bisa mencapai susunan tata letak elemen-elemen yang terbaik.

Lebih jauh lagi; untuk menurangi kepusingan yang bisa terjadi sewaktu mengatur tata letak elemen – kalian bisa memperpanjang atau memperpendek aktivitas dan waktu dari kejadian yang tengah berlangsung dengan menambah / mengurangi banyaknya jumlah panel yang digunnakan untuk menunjukan kejadian tersebut. Penggunaan tehnik ini juga tergantung dari apa yang kalian tunjukkan pada pembaca.


1. Semakin banyaknya panel yang digunnakan untuk melakukan sebuah kejadian, semakin banyak ekspresi dan suasana perasaan yang bisa ditonjolkan; berguna bila kalian hendak menunjukan sesuatu atau menarik emosi pada pembaca. Membutuhkan lebih banyak ruang pada halaman komik kalian kalian, tetapi amat efektif.

2. Bila panel yang digunakan hanya sedikit, suasana emosi sedikit dari kejadian tersebut menjadi terasa lebih menonjol – kalian menghemat ruang pada halaman komik kalian, tetapi juga harus mengalami sedikit kesulitan dalam menyusun tata letak dari elemen-elemen panel.

You May Also Like

0 komentar