TIPS-TIPS DALAM MEMBUAT KOMIK Bagian-2

by - 11/14/2010 08:17:00 AM

Proses Pembuat Komik

Proses pembuatan komik sebenarnya tidaklah semudah seperti yang dibayangkan oleh kebanyakan orang. Dalam kenyataan, sebuah komik membutuhkan waktu pengerjaan yang cukup lama – dan terbagi kedalam berbagai macam-macam proses yang masing-masing membutuhkan perhatian dan ketelatenan yang sama besarnya.

Dimulai dari proses pembuatan kisah; dari proses pencarian tema, genre, perancangan plot secara garis besar, dan kemudian memecahkan mejadi beberapa episode yang lebih kecil – waktu yang terpakai bisa dari satu bulan hingga bertahun-tahun, yergantung dari keseriusan sang pembuat kisah. Kemudian proses pembuatan karakterdan setting – perencanaan artwork secara garis besar, kemudian perencannan tata letak per halaman sampai ke pengaturan balon-balon kata. Belum lagi proses finishing, dimana kita mulai menintai karya-karya kita; menambahkan efek-efek per panel dan sebagainya.

Jangan salah sangka, kami bukannya mencoba memetahkan semangat kalian dengan mengungkapkan bahwa membuat komik itu sulit, melainkan mencoba untuk mendongkrak semangat kalian untuk berusaha lebih keras lagi dalam mebuat komik.
Semakin kersa usaha kita, semakin bagus hasil yang akan kita dapatka. Dengan pesan ini dalam ingatan, semoga kalian bisa maju terus dalam bidang yang kita cintai dan bagi bersama.

You May Also Like

0 komentar