SEDIKIT MENGENAI KARAKTERISIK

by - 11/14/2010 07:56:00 AM

Sehubung dengan perseteruan, kita akan menyinggung sedikit mengenai karakteristik kepribadian tokoh-tokoh yang akan kita buat.

Dalam sebuah kisah, perbedaan yang terlalu jelas antara pihak yang jahat dengan pihak yang baik bias menurunkan minat para pembaca. Terkadang kita bias menjadi pilih kasih dan biasanya lebih banyak memusatkan perhatian kita kepada tokoh yang kita sukai atau yang kita anggap berada dalam sisi yang baik. Sehingga sebenarnya kadang-kadang tokoh-tokoh yang jahat yang kita buat pada akhirnya hanya menjadi korban dari tokoh-tokoh yang kita sukai / kita anggap baik.

Bukannya berarti tidak ada tokoh jahat atau baik dalam cerita yang kita buat, tetapi apa yang harus kita lakukan adalah memperlakukan kedua belah pihak tersebut secara merata.

Katakanlah kita menciptakan seorang tokoh utama yang baik yang sifatnya suka menolong orang. Kita harus selalumemikirkan penyebab sifatnya itu, bukan? Dan juga apa yang ia inginkan dari usahanya tersebut. Kemudian kita menciptakan tokoh penjahat tandingan tokoh utama kita tersebut, bedanya sifat amat jahat. Kita juga harus memperhitungkan apa factor penyebab sifatnya dan apa yang ia inginkan dalam hidupnya. Setelah selesai meyusun karakteristik kepribadian kedua tokoh ini, kita akan mendapatkan alas an yang lebih jelas dari sebab-musabab perseteruan mereka berdua. Gunakan rumus 5w 1h (lihat Bawah) untuk menciptakan kepribadian tokoh-tokoh kita tersebut.

Dengan egitu, kita bias membuat kisah kita lebih nyata, menarikdan juga menyentuh perasaan pembaca karya kita.



RUMUS RAHASIA DALAM MENYUSUN PLOT

Kalian telah mengetahui susunan dasar dalam membuat sebuah kisah, yaitu “Susunan Tiga Babak” yang terdiri dari factor-faktor plot seperti focus, sebab akibat, kejutan dan perseteruan. Walau kelihatannya banyak dan rumit, kesemua factor tersebut sebenarnya hanya merupakan pengembangan dari 5 pernyataan utama yang disebut dengan 5w 1h.

1. What (Apa) : Apa yang menjadio masalah / penyelesaian?
2. Who (Siapa) : Siapa yang terlibat dalam masalah / penyelesaian tersebut?
3. When (Kapan) : kapan masalah / penyelesaian itu terjadi?
4. Where (Dimana) : Dimana tempat masalah / penyelesaian tersebut terjadi?
5. Why (Mengapa) : Mengapa masalah / penyelesaian bisa sampai terjadi?
6. How (Bagaimana) : Bagaimana masalah / penyelesaian masalah tersebut dapat terjadi?

Setiap kali kalian menyusun sebuah cerita, mulailah untuk dari menyusun plot menggunakan susunan tiga babak tersebut. Kemudian mulailah mencari factor-faktor dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan 5W 1H tersebut/

You May Also Like

0 komentar